Jadikan Generasi Muda Cinta Al-Quran, MTQ Tingkat Kecamatan MKS Ditabuh

Sabtu, 24 Agustus 2019 – 19:13:28 WIB – 360

Jadikan Generasi Muda Cinta Al-Quran, MTQ Tingkat Kecamatan MKS Ditabuh

Assisten II Setdako Bukittinggi H.Ismail Johar saat memberikan sambutan sebelum pembukaan MTQ tingkat Kecamatan MKS ke 42.

BUKITTINGGI – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS) yang ke 42 tahun 2019 secara resmi dibuka Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias melalui Assisten II Setdako Bukittinggi H.Ismail Johar, Sabtu (24/8/2019) di dalam Masjid Jami Gunjo, Kelurahan Koto Selayan.

Pada pembukaan tersebut dihadiri Anggota DPRD Kota Bukittinggi, H.Ibra Yasser, Camat MKS, Emil Achir, Plt kepala kantor Kementrian Agama Kota Bukittinggi, Zulfikar, Lurah se Kecamatan MKS dan unsur Muspika serta puluhan orangtua dan peserta.

Assisten II Setdako Bukittinggi, Ismail Johar, mengapresiasi pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan MKS ke 42. Seluruh Lurah yang ada di Kecamatan ini, dinilai sangat kompak dalam persiapan dan kesuksesan kegiatan keagamaan ini.

“Kegiatan ini tentunya sangat dibutuhkan dalam mencetak generasi muda yang qurani, cinta kepada Islam dan menjadikan Al Quran Hadist sebagai pedoman hidup. Sehingga para generasi muda Kota Bukittinggi lahir menjadi SDM yang mandiri, berkarakter, berakhlaq dan memiliki keteguhan iman,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ismail mengharapkan, setiap Kelurahan mengirimkan kafilah lokal atau sesuai domisili.

“Kita tidak ingin ada kafilah cabutan atau kafilah bayaran. Tidak perlu prestise, kita butuh prestasi dari kafilah asli Kota Bukittinggi. Ini telah menjadi komitmen Pemerintah Kota dan LPTQ Kota Bukittinggi. Hal ini dapat diwujudkan mulai dari MTQ tingkat Kecamatan ini,” harapnya.

Sementara itu H.Ibra Yasser anggota DPRD Kota Bukittinggi kepada wartawan MinangkabauNews mengatakan, sejak dini generasi muda harus disirami akidah akhlaknya dengan mencintai Al-Quran. Karena kalau tidak dari kini dilakukan, kelak dikemudian hari tidak dapat memahami dan mengerti tentang Al-Quran, apalagi kini rentan dengan berbagai macam yang mempengaruhi keimanan generasi muda.

Pengaruh-pengaruh tersebut dapat merusak keimanan, seperti narkoba, pergaulan bebas dan lainnya yang mengikis masa depannya akan hancur, jadi dengan memaknai kandungan isi Al-Quran dan membaca yang benar, In syaa Allah akan melekat di sanubari generasi muda dan terhindar dari perbuatan-perbuatan yang dilarang agama dan negara, ucap Ibra Yasser.

Sedangkan Sekretaris Camat MKS, Adler, selaku Ketua Panitia, menjelaskan, Kelurahan Koto Selayan ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksana MTQ tingkat Kecamatan MKS ke 42 tahun 2019.

“Secara keseluruhan ada 150 peserta dari sembilan Kelurahan yang akan berlomba pada tujuh cabang, Tilawah, Tartil, Hafiz, MSQ, MFQ, Khatil Quran serta Khutbah dan Azan. Perlombaan dilaksanakan pada enam lokasi yang ada di kelurahan Koto Selayan,” jelasnya.

Di sampibg itu, Plt Kepala kantor Kemenang Bukittinggi, Zulfikar, menyampaikan, MTQ diadakan sebagai salah satu bentuk pembinaan dari dasar bagi calon kafilah Kota Bukittinggi.

“Niat awal harus diikhlaskan sebagai amal ibadah. Sehingga apa yang dilaksanakan hari ini mendapat ridha dari Allah SWT. Selanjutnya hasil dari MTQ Kecamatan MKS ini kita akan bina lagi ditingkat kota, sehingga dapat meningkatkan prestasi Kota Bukittinggi di tingkat Sumatera Barat,” ujarnya. (Iwin SB)

Sumber : https://minangkabaunews.com/artikel-22033-jadikan-generasi-muda-cinta-alquran-mtq-tingkat-kecamatan-mks-ditabuh.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *